Sunday, July 18, 2010

6 Aturan Persahabatan Yang Harus Dijalani


Menjadi sahabat untuk waktu yang lama bukanlah perkara mudah. Buat persahabatanmu menjadi lebih dalam dan lebih erat dengan menjalankan tips-tips berikut.

1. Jadilah Diri Sendiri Banyak orang yang berjuang yang berusaha untuk tidak kehilangan jatidirinya sendiri ketika memasuki suatu komunitas baru. Meskipun begitu, jatidirimu tetaplah akan berubah apalagi jika kamu masih remaja. Beberapa aspek dalam kepribadianmu tetaplah sama, cari tau aspek apa saja itu dan pikirkan kamu inginnya jadi seperti apa, dan tampillah seperti apa adanya ketika berkumpul dengan sahabat2mu.

kadang2 kalian bersilang pendapat atau kamu tidak selalu menjadi yg paling populer, tp bagaimanapun juga kamu telah menjadi diri sendiri dan bukan menjadi fotokopian dari orang lain.

2. Hindari Ngegosip Seorang sahabat tidak akan ngegosipin sahabatnya yg lain (bahkan didalam geng-nya sendiri). Jika kamu mendengar sahabat kamu digosipin, tanyakan langsung 4 mata dengan temanmu tp carilah cara agar tidak melukai perasaannya.

Jika kamu g tau gmn caranya nanyain langsung, mintalah pendapat sahabatmu yang lain (yg msh satu geng) yang bisa dipercaya. tp ingat, jangan sampai malah kalian berdua yg nggosipin temanmu itu. kmu tentunya g akan senang jika hal yang sama terjadi terhadapmu. Jd berikan contoh yang baik bagi orang lain (dan bagi dirimu juga!)

3. Bela Sahabatmu! Suatu saat, temanmu yang lain yg tdk terlalu dekat denganmu meragukan salah satu sahabatmu. Sangat penting untuk mencari tau kabar itu dari 2 sisi (teman biasamu dan dari sahabatmu), ini juga adalah waktu yang tepat untuk menunjukan bahwa kamu mempercayai sahabatmu dan akan memperjuangkan nama baiknya. Kapanpun dan dimanapun, hormatilah pertanyaan dan kritikan dr org lain tp juga tegaskan padanya bahwa sahabatmu adalah orang yg baik dan pantas dihormati org lain meskipun sahabatmu pernah berbuat salah (bukannya membela yang salah tp yakinkanlah bahwa temanmu baik dan tidak sengaja berbuat kesalahan).

4. Lindungi Sahabatmu. Ketika sahabatmu memilih keputusan yang salah (Alkohol, Narkoba, tentantg sekolah, atau tentang pacaran) lakukan apapun yg kamu bisa untuk membantunya. Ini bukan berarti harus mendiktenya tp kamu bisa memberinya saran dan panduan setiap waktu dibutuhkan.

Jika memberi saran dengan cara tetap memperhatikan perasaan dan keinginannya, biasanya itu akan lebih diterima. Celahnya adalah apa yang menurut kamu sangat berarti baginya, dan kamu bisa mempengaruhinya dengan baik.

5. Hati2 Dengan Para Pacar 
Bagus jika kamu bisa menghindari berpacaran dengan mantannya sahabatmu, bahkan sangat bagus jika mantannya sahabatmu itu pernah menghancurkan hati sabatmu. Bahkan jika sahabatmu mengijinkannya, tunggulah beberapa waktu untuk berhubungan dengan orang yang pernah menyakiti dan menghancurkan kepercayaan diri sahabatmu.

6. Balas Budi 
Ada saatnya ketika temanmu meminjamkan jaketnya, sweater, buku, atw bahunya untuk tempatmu menangis. Teman yg baik akan membantumu ketika kamu udh mentok dan mendengarkan dengan sabar ketika kamu menceritakan masalahmu. pastikan kamu juga akan melakukan hal yang sama. Sahabatmu akan mengingatnya dan ini tentang bagaimana ia merasa bahwa kamu memang SAHABATnya

No comments:

Post a Comment