Sunday, July 18, 2010

Cara Membangun Rasa Bangga Terhadap Diri Sendiri (Percaya Diri)


Ini mungkin terasa aneh, tapi merasa dirimu hebat (ini berarti memiliki rasa percaya diri dan bangga terhadap diri sendiri) adalah hal yang akan membuat hidupmu lebih bahagia dan lebih sukses. Milikilah rasa percaya diri dan kemampuan untuk melewati masa2 sulit, beradaptasi dengan situasi baru atw tegar menghadapi tekanan. Berikut Cara Membangun Rasa Bangga Terhadap Diri Sendiri:

1. Tarik nafas dalam2. Santai dan ketenangan dapat menolongmu melihat segala sesuatu secara menyeluruh, bukan hanya yang terlihat di permukaannya saja. Ini juga membantu membuatmu mengerti hal2 yang sebelumnya tidak kamu mengerti.

2. Sadari dan kumpulkan keahlian/bakatmu. Orang2 ahli bidangnya, dan orang lain ahli bidang yang lain. Jika kamu tidak mengetahui apa keahlian/bakatmu, kamu mungkin punya ketertarikan akan sesuatu yang bisa kamu kumpulkan menjadi keahlian/bakatmu.

Buat daftar keahlian/bakatmu dan buat juga daftar hal2 yang menarik minatmu dan kamu ingin melakukannya dengan lebih baik. Curhatlah tentang daftar2 itu dengan orang rua, saudara, teman atw guru yang kamu suka dan bisa dipercaya.

3.Sadari keterbatasanmu. Tak ada orang yang sempurna, nyaris sempurna pun tak ada!! Kamu mungkin menganggap itu salah dan berfikir bahwa ada orang yang hampir sempurna. Tapi percayalah karena hal ini benar, TAK ADA ORANG YANG SEMPURNA BAHKAN NYARIS SEMPURNA PUN TAK ADA!!! Jadi jika kamu bukan artis, atlit yang hebat atau murid yang populer, GA APA-APA! karena kamu memiliki kepribadian dan cara pandangmu sendiri, dan itu sangat berharga (bahkan meskipun kamu g masuk tim cheersleader, hidung kamu pesek atw besar).

4. Buang jauh2 rasa minder. SEKARANG!! Hal paling penting yang membuat orang2 tidak mencapai keinginannnya adalah fikiran negatif. Dengan kata lain, minder dan selalu berfikir kamu tak akan mendapatkan apa yang kamu inginkan atau mendapatkan orang yang kamu sukai (untuk mendapatkan orang yang kamu sukai baca juga 10 Cara Mudah PDKT)

jika kamu gagal dalam sesuatu, bukan berarti kamu g akan berhasil. Mungkin saja kamu kurang persiapan atau waktunya belum tepat. Bukan berarti kamu itu pecundang atau g akan berhasil sama sekali. Wajar kalo kmu marah saat sesuatu berjalan tidak seperti yang kmu inginkan, tapi setelah itu lupakan dan lanjutkan hidupmu. itu artinya kmu selangkah lebih dekat dengan apa yang kamu inginkan jika kamu melakukannya.

5. Syukuri perkembangan dan keberhasilan kecil. Apakah kmu bisa mengemudi (motor/mobil) meskipun yang ngajarin kamu itu cerewet dan nyebelin?? Ambil hikmahnya: kamu berhasil dan sekarang kamu bisa nyetir! ini artinya kamu bisa menangani masalah/proyek yang lebih besar dan lebih sulit.

6. Hibur dirimu setiap hari Cari hal2 kecil yang bisa membuatmu senang setiap hari. Pagi tersenyumlah dan bilang 'I love U' pada ibumu akan membuatmu lebih senang, atw masih banyak hal2 baik lainnya yang bisa dibanggakan.

No comments:

Post a Comment